'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Diskusi Terbatas DAUR HIDUP DAN UPACARA KOMUNAL DALAM PERSPEKTIF ISLAM
25 September 2016 15:30 WIB | dibaca 567

Lembaga Kebudayaan Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah  adalah bagian dari Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah yang konsen dalam melakukan pencermatan, pengembangan dan pemanfaatan budaya sebagai media dan strategi dakwah kepada masyarakat.  Keberadaannya yang sudah dimulai pada 3 periode yang lalu cukup signifikan dalam mewarnai strategi dakwah dan pelaksanaan program ‘Aisyiyah. Salah satu perhatian Lembaga Kebudayaan yang kemudian menjadi salah satu program kerja periode ini adalah yang berkaitan dengan Lingkaran Hidup dan Upacara Komunal dimana kedua hal tersebut hidup dan berkembang di tengah-tengah masyarakat dan menjadi salah satu tantangan bagi ‘Aisyiyah. Tantangan ini muncul karena selama ini yang dihadapi adalah upacara-upacara tersebut jauh dari nilai-nilai Islam yang seharusnya.

Salah satu strategi yang akan dilakukan oleh ‘Aisyiyah adalah dengan menganut konsep “Cultural Colouring”. Konsep inimerupakan strategi yang akan menjadikan Upacara Lingkaran Hidup maupun Upacara Komunal yang selama ini ada di masyarakat dapat diterima dan dilaksanakan oleh warga ‘Aisyiyah serta dapat menjadi media dan strategi dakwah ‘Aisyiyah di tingkat masyarakat.

Diskusi Terbatas ini dilaksanakan pada hari sabtu, tanggal 19 Maret 2016 bertempat di UNISA dengan pembicara :  Prof. Dr. Heddy Shri Ahimsa Putra sebagai akademisi dari Universitas Gajah mada, Drs. Achmad Charris Zubair, MA sebagai Pemerhati Budaya dan  Dr. Dawami

Shared Post:
Arsip Berita
Berita Terbaru
Berita Terkomentari